Managemen


Pengertian Managemen

                Kata managemen berasal dari bahasa Perancis kuno “menegement” yang memiliki arti “seni melaksanakan dan mengatur”. Secara etimologis, managemen berasal dari kata manage (inggris) , meneggiare (italia),dal bersumber dari perkataan latin ‘manus’ yang berarti “tangan” dapat juga diartikan sebagai “memimpin , membimbing , dan mengatur” . berikut ini adalah pengertian managemen yang dikemukakan oleh para ahli .
  • ·         Ricky W.Griffin dalam bukunya managemen , mengidefisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efisien. Efektif berarti tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan , sementara efisien berarti tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
  • ·         George R.Terry Ph.D dalam bukunya yang berjudul “ priciples of Management “ menyatakan bahwa managemen adalah pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan sebelumnya melalui usaha-usaha orang-orang lain.
  • ·         Harold Koontz dan Cryil O’Donnel dalam bukunya “ Principles of Management “ menyatakan bahwa managemen adalah fungsi mencapai sesuai melalui orang-orang .
  • ·         E.F.L Brech dalam bukunya “ Management “ menyatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dan lebih khusus adalah proses sosial . managemen adalah suatu yang dilakukan oleh orang dalam hubungannya dengan orang-orang lain.
  • ·         Milon Brown dalam bukunya “ Effective Work Management “ mengungkapkan bahwa managemen adalah penggunaan orang-orang , uang , pelengkapan, bahan-bahan, metode-metode yang efektif untuk mencapai tujuan tertentu.

Dari beberapa pengertian yang telah dikemukakan diatas, dapat disimpulkan bahwa Managemen adalah suatu tujuan yang dilakukan dengan menggerakkan orang-orang .


Administrasi dan Managemen

                Setelah mengetahui pengertian administrasi dan managemen , dapat dilihat bahwa meskipun ada perbedaan.
                Administrasi dan manajemen mempunyai keterikatan atau hubungan. Namun, ada beberapa perbedaan pendapat tentang administrasi dan manajemen itu berbeda. Erbedan itu timbul karena adanya cara pandang yang berbedan antara satu orang dengan yang lainnya .
1.       Pendapat yang menyamakan arti administrasi dan Manajemen.
a.       William H.Newman menyatakan bahwa apa yang dimaksud dengan administrasi termasuk arti manajemen.
b.      M E Dimock mendefisikan admnistrsi atau manajemen adalah pendekatan yang terencana pemcahan semua macam masalah yang kebanyakan terdapat pada setiap individu atau kelompok , baik negara maupun swasta.
2.       Pendapat yang membedakan arti administrasi dan manajemen
a.       Dalton E.MC. Farland menyatakn administrasi ditujuan penentuan tujuan pokok dan kebijaksanaannya, sedangkan manajemen ditujuakan pada pelaksanaan kegiatan untuk menyelesaikan/mencapai tujuan dan pelaksanaan kebijaksanaan.
b.      Ordway Tead
Administrasi adalah suatu proses dan badan yang bertanggung jawab terhadap penentuan tujuan. Oraganisasi dan manajemen menentukan garis besar suatu kebijaksanaan dan pemberian pengarahan. Sementara itu, manajemen prosesnya adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk mewujudkan suatu tujuan denagn mengatur tindakan-tindakan agar dapt mencapai tujuan.
              
1.       Administrasi terdiri atas organisasi dan manajemen
2.       Inti dari administrasi adalah manajemen karena manajemen merupakan alat administrasi

3.       Inti dari manajemen adalah kepemimpinan merupakan motor dari semua sumber dan alat yang tersebut bagi suatu organisasi.

0 komentar:

Posting Komentar